Kabar baik bagi para penggemar Baldur's Gate 3 yang memiliki Xbox Series X/S! Game ini akan segera hadir di platform tersebut, meskipun tanggal rilisnya masih belum pasti. Dalam wawancara dengan IGN, bos Larian Studios, Swen Vincke, menjelaskan bahwa masalah perilisan serentak di semua platform berkaitan dengan kendala yang dialami tim pengembang dengan Xbox.
Larian memiliki tujuan untuk merilis Baldur's Gate 3 secara bersamaan di ketiga platform tersebut, namun masalah optimasi dengan Xbox Series S telah menyebabkan penundaan. Salah satu masalah utama yang muncul adalah terkait fitur co-op layar terpisah. Tampaknya Xbox Series S mengalami kendala dengan fitur ini, yang disebabkan oleh keterbatasan memori. Layar terpisah menjadi fitur penting dalam permainan ini, dan Microsoft menginginkan agar Xbox Series S memiliki pengalaman yang setara dengan Xbox Series X.
Hal ini berarti bahwa fitur gameplay tidak dapat dihilangkan dari satu sistem dan dipertahankan di sistem lainnya. Menjauhkan fitur tersebut dari Xbox Series S dan mempertahankannya di Xbox Series X bukanlah opsi yang diinginkan oleh Larian. Vincke menyatakan, "Ini bukan karena kami merencanakan penundaan di Xbox. Kami berencana untuk merilisnya secara bersamaan. Tapi kami telah mengerjakan game ini untuk waktu yang lama. Ini adalah permainan yang sangat besar. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di dalamnya. Saya pikir orang-orang akan terkejut saat melihat semuanya. Ada beberapa kendala yang harus kami atasi, jadi kami hanya mengerjakannya. Beberapa membutuhkan lebih banyak waktu."
Baldur's Gate 3 memberikan kebebasan kepada pemain untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan, bahkan lebih dari yang diharapkan. Kota-kota dalam permainan ini memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih padat dari yang diperkirakan. Fitur tersebut membutuhkan banyak optimasi, yang memakan waktu lebih lama pada beberapa platform dibandingkan dengan yang lain. Vincke menjelaskan, "Kami hanya membutuhkan waktu. Itulah kenyataan dalam pengembangan."
Larian mungkin perlu melakukan beberapa kompromi dengan versi Xbox. Meskipun demikian, Vincke menyadari bahwa kompromi semacam itu bukanlah situasi ideal, dan tim berusaha untuk membatasi apa yang harus dikompromikan. Oleh karena itu, mereka memberikan waktu lebih pada versi Xbox dari game ini. Tim Larian Studios juga mendapat dukungan dari Xbox Advanced Technology Group (ATG), yang memberikan kontribusi berharga dalam mengatasi masalah ini. Vincke menyatakan, "Kami tentu saja mendapat dukungan dari Microsoft. Kami mendapat dukungan dari grup ATG. Mereka telah bekerja dengan sangat baik. Mereka telah banyak membantu. Semua orang ingin ini keluar di Xbox. Bukan berarti kami tidak menginginkannya di Xbox. Hanya saja, masalah kami - dan ini kami, Larian - adalah kami baru saja membuat game yang sangat besar. Dan ini adalah game yang sangat rumit."
Vincke melanjutkan dengan mengungkapkan bahwa jika Larian harus menunggu hingga mencapai keseimbangan akhir di semua platform, maka penantian untuk game ini akan lebih lama. Itulah sebabnya mengapa studio ini akan melanjutkan dengan merilis Baldur's Gate 3 terlebih dahulu di PC, tiga minggu lebih awal, dan kemudian di PS5 pada bulan September, sebelum versi Xbox Series X/S akhirnya selesai.
Kapan tepatnya game ini akan siap untuk Xbox, kita masih harus menunggu. Larian Studios berharap game ini dapat dirilis tahun ini, namun Vincke tidak bisa memberikan jaminan pasti. Bagi para penggemar yang telah lama menanti, kita tetap harus bersabar untuk menikmati petualangan epik Baldur's Gate 3 di Xbox Series X/S.
