Motion blur di Final Fantasy 16 menyebabkan beberapa pemain merasa mual karena tidak ada cara untuk mematikan fitur tersebut.
Beberapa pengguna mengeluhkan motion blur - yang merupakan efek grafis yang digunakan untuk berbagai alasan seperti memberi kesan kecepatan, menutupi framerate rendah, atau membuat aksi dalam game tampak lebih halus. Parahnya, Square Enix tidak menyertakan pilihan untuk mematikannya.
"Izinkan saya mengawali tulisan ini dengan mengatakan bahwa saya sangat antusias dengan game ini, menyukai demonya, dan sejauh ini saya menikmati game utamanya," kata HanShotFirst1569 di Reddit.
"Tapi wow, Final Fantasy 16 memiliki motion blur yang paling parah yang pernah saya lihat dalam video game. Ini membuat saya seperti mabuk perjalanan yang cukup parah hingga memaksa saya harus pergi ke kamar mandi kalau-kalau saya muntah. Saya tidak percaya mereka merilisnya seperti ini dan tidak menyertakan perbaikan di patch hari pertama."
Beberapa pengguna lain setuju dalam komentar, dengan beberapa mencatat bahwa sulit untuk memainkan game bahkan selama satu jam pada saat itu karena efek motion blur membuat mereka tidak merasa enak badan. "Saya sudah beberapa jam memainkan game ini dan saya sangat menikmatinya, tapi sialnya efek motion blur-nya membuat saya sakit kepala," ujar salah satu pengguna.
Square Enix belum menanggapi keluhan tersebut, meskipun masalah motion blur tampaknya tidak muncul dalam pemeriksaan pra-peluncuran karena tampaknya developer hanya merilis patch di hari pertama. IGN telah meminta komentar dari Square Enix.
John Linneman dari Digital Foundry telah menyoroti potensi penyebab mual akibat motion blur di Twitter, dengan mengatakan bahwa hal ini tampak lebih buruk ketika pemain menggunakan gerakan kamera yang cepat dan tersentak-sentak, bukannya menggunakan pan yang lebih lambat atau membiarkannya sama sekali.
"Pada akhirnya Saya mengetahui jika ada seseorang bermain Final Fantasy 16, lalu merasa mual yang disebabkan efek motion blur. Seperti yang saya duga, cara mereka menggunakan kamera benar-benar berbeda," katanya. "Mereka menggunakan gerakan yang cepat dan patah-patah. Sering kali mencoba untuk melawan kamera yang mencoba kembali ke tengah."
Game ini telah diterima dengan baik, dengan para pemain yang terobsesi dengan pengisi suara Cid dan fitur baru yang disebut Active Time Lore. Final Fantasy 16 juga menunjukkan kecintaannya pada masa lalu waralaba ini, dengan intro yang terinspirasi langsung dari game orisinil tahun 1987 dan referensi pada banyak karakter yang dicintai para pemain.
IGN mengatakan: "Menampilkan pertarungan yang cepat, refleks, dan penuh aksi, Final Fantasy 16 tentu saja berbeda dari apa yang diharapkan penggemar dari sebuah game Final Fantasy, tetapi cerita, karakter, dan pembangunan dunianya yang luar biasa berada di atas yang terbaik dari seri ini, dan fitur Active Time Lore yang inovatif akan menetapkan standar baru tentang bagaimana sebuah game yang panjang dan penuh dengan cerita dapat membuat para pemain tetap berinvestasi di dalam dunianya."
